Di mana harus melamar kerja?

internet_surfing1Banyaknya pencari kerja di negeri ini adalah fenomena ironis. Sebab di sudut lain, seorang staf bagian recruitment pusing bukan main karena kesulitan mendapatkan kandidat yang berkualitas untuk direkrut.

Mungkin saja ada yang salah dengan media recruitment yang dipakai si staf. Mungkin saja, banyak pencari kerja yang tak tahu harus ke mana untuk melamar kerja. Sekarang media melamar kerja atau menggaet pelamar sudah semakin banyak. Konon, strategi memasang iklan di surat kabar sudah mulai ditinggalkan karena tidak efektif selain karena mahal tentunya.

Yang sekarang sedang marak dan mulai digandrungi para pencari kerja dan pemasang lowongan kerja adalah yang dinamakan e-recruitment atau online recruitment, yaitu menggunakan media online untuk memasang lowongan kerja atau untuk melamar kerja. Banyak perusahaan menengah ke bawah yang menggunakan media ini. Para pencari kerja juga tak kesulitan untuk menemukan media jasa ini. Tinggal tanya pada paman google, ketik karir, maka akan muncul media e-recruitment yang dimaksud. Ada karir.com, jobsdb.com, dll………banyak banget.

Perusahaan pelan mulai meninggalkan media iklan surat kabar, atau job fair untuk menghimpun kandidat. Maka jangan cuma mengandalkan mengirim surat lamaran lengkap dengan cv, dan foto copy ktp saja, pergilah ke warnet dan melamarlah di komputer itu. Selain biayanya lebih murah, juga lebih gampang nyantolnya.

ilustrasi dari http://www.kapanlagi.com/p/internet_surfing.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s